nusakini.com - Sebagai tindak lanjut dari pertemuan para importir daging sapi dengan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman beberapa waktu yang lalu, dipastikan kuota daging sapi akan terealisasi bulan ini sebanyak 6.110 ton, yang akan mengisi operasi pasar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Beberapa gudang importir yang telah dikunjungi Menteri Amran, pemiliknya menyatakan kesiapan menyediakan ratusan sampai ribuan ton daging sapi untuk dijual kepada masyarakat kecil dengan harga terjangkau sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Bapak Presiden meminta supaya masyarakat kecil dapat menikmati daging sapi sebelum dan setelah Ramadhan dengan harga di bawah Rp 80.000. Sekarang kita sudah melihat ada yang menjual Rp 75.000 bahkan Rp 70.000,” terang Amran saat mengunjungi PT Bumi Maestro Ayu milik Magdalena yang didampingi putrinya Diah di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2016). 

Menteri Amran menjelaskan bahwa daging sapi yang dijual oleh kalangan importir kepada masyarakat adalah daging operasi pasar, bukanlah daging industri. 

“Proses Permentan dalam waktu dekat kita evaluasi. Dalam waktu dekat kita selesaikan. Rekomendasi sudah ada di perdagangan (Kementerian Perdagangan). Mudah-mudahan minggu depan turun. Sekarang ini operasi pasar. Regulasinya menyusul. Jangan sampai salah pemahaman. Sekali lagi, ini bukan daging industri, ini daging operasi pasar,” tegas Mentan Amran.(b/mk)